Enterprise Storage: Solusi Penyimpanan Data Untuk Bisnis Anda

Enterprise storage adalah

Bisnis yang berkembangkan berdasarkan data atau data-driven tentunya membutuhkan storage yang cukup luas untuk menyimpan dan menjaga data tetap aman. Enterprise storage adalah solusi penyimpanan data yang diperuntukan untuk skala bisnis besar.

Lalu, apa itu enterprise storage? Berikut ini pengertian, kelebihan, dan tips dalam memilih storage yang tepat untuk perusahaan Anda!

Apa Itu Enterprise Storage?

Enterprise storage adalah

Enterprise storage adalah solusi penyimpanan perusahaan yang diperuntukan untuk menyimpan dan mengelola data dalam jumlah besar dengan aman. Infrastruktur dalam solusi ini termasuk hardware, software, pemrosesan penyimpanan data, perlindungan data, dan pengambilan data penting seperti informasi pelanggan dan data keuangan.

Solusi ini juga menawarkan penskalaan, performa, perlindungan data, hingga kemampuan analisis tingkat lanjut untuk membantu perusahaan mengelola data secara lokal maupun melalui cloud.

Kelebihan Enterprise Storage

Enterprise storage solutions memiliki kelebihan yang tidak ditawarkan oleh jenis storage pada umumnya. Beberapa kelebihan enterprise storage adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan skalabilitas dan efisiensi

Penggunaan enterprise storage menawarkan kemudahan dalam meningkatkan skalabilitas dan efisiensi. Tanpa memerlukan infrastruktur tambahan yang memakan lebih banyak  biaya.

2. Melindungi data dan menjaga ketersediaan

Solusi penyimpanan perusahaan pada umumnya menawarkan fitur perlindungan data tingkat lanjut. Seperti enkripsi, pencadangan, hingga pemulihan bencana, untuk memastikan perlindungan data. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika terjadi kegagalan hardware atau gangguan lainnya.

3. Mendukung operasional yang efisien

Penggabungan manajemen penyimpanan dalam satu platform terpadu akan menyederhanakan operasional infrastruktur Anda. Serta mengurangi administrasi yang overhead, dan memudahkan penyediaan serta penerapan sumber daya penyimpanan yang lebih cepat.

4. Mengoptimalkan biaya

Solusi enterprise storage memiliki banyak pilihan dengan model pembayaran yang berbeda. Sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan. Dengan menggunakan solusi yang sesuai kebutuhan, Anda akan menghemat lebih banyak biaya.

Tips Memilih Storage Enterprise yang Tepat

Berikut ini beberapa faktor yang dapat menjadi pertimbangkan dalam memilih solusi enterprise storage yang tepat untuk bisnis Anda.

1. Performa

Kecepatan akses dan pengambilan data sangat berpengaruh dalam meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Untuk itu, carilah solusi penyimpanan dengan performa tinggi dan latensi yang rendah sehingga dapat menjamin akses data yang cepat.

2. Skalabilitas

Perusahaan yang terus berkembang tentunya akan menghasilkan semakin banyak data. Untuk itu, skalabilitas adalah faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih solusi penyimpanan data perusahaan.

3. Perlindungan data

Pastikan solusi penyimpanan yang Anda gunakan mampu menawarkan perlindungan data dari serangan siber. Seperti enkripsi, pencadangan atau back-up, hingga pemulihan bencana atau disaster recovery.

4. Biaya

Pastikan Anda mempertimbangkan biaya sebelum menerapkan solusi penyimpanan data untuk perusahaan. Beberapa yang perlu dipertimbangkan seperti total biaya kepemilikan, termasuk hardware, software, serta biaya pemeliharaan.

5. Integrasi

Enterprise storage juga haruslah terintegrasi dengan sistem dan aplikasi lain yang digunakan perusahaan. Contohnya seperti platform virtualisasi dan layanan cloud, untuk menghindari masalah kompabilitas.

Gunakan Enterprise Storage yang Tepat Bersama Sangfor

Penggunaan enterprise storage adalah solusi yang tepat untuk mengatasi kebutuhan manajemen data perusahaan yang terus berkembang. Sangfor menyediakan Sangfor aStor untuk membantu mengelola dan menjaga keamanan data Anda.

AMT IT Solutions sebagai Sangfor Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan tersebut. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.