Apa Itu Cloud Management Service? Ini Pentingnya Bagi Bisnis

Cloud Management Service adalah

Perkembangan pesat teknologi telah membantu operasional bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Adanya inovasi seperti cloud computing, membuat banyak perusahaan mulai beralih menggunakan infrastruktur IT virtual.

Namun demikian, tidak semua pelaku bisnis dapat mengelola infrastruktur cloud dengan baik. Cloud management service adalah solusi yang mulai dikembangkan oleh vendor cloud computing, untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Contohnya seperti solusi Managed Cloud Services yang ditawarkan oleh Sangfor.

Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasan mengenai apa itu cloud management service dan fungsinya bagi bisnis.

Apa Itu Cloud Management Service?

Cloud Management Service

Cloud management service adalah upaya pengelolaan infrastruktur, aplikasi, serta layanan IT pada suatu bisnis, yang dilakukan oleh penyedia pihak ketiga. Managed Cloud Services Provider (MCSP) merupakan istilah yang digunakan untuk pihak yang menyediakan layanan tersebut. Contohnya seperti Sangfor, yang menyediakan solusi Managed Cloud.

Layanan yang disediakan mencakup berbagai fungsi IT. Mulai dari penyediaan layanan hosting, penyimpanan, jaringan, keamanan, serta manajemen aplikasi. Dengan menggunakan cloud management service, seluruh beban pengelolaan infrastruktur cloud akan diambil alih oleh penyedia manajemen cloud itu sendiri.

Jenis Layanan Manajemen Cloud

Layanan yang ditawarkan oleh cloud management service adalah sebagai berikut:

Infrastructure as a Service (IaaS)

Menyediakan akses ke sumber daya komputasi, seperti server, storage, dan jaringan. Melalui layanan ini, Anda dapat mengontrol aplikasi dan data sambil mengalihkan pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur ke penyedia layanan.

Platforms as a Service (PaaS)

Menyediakan kerangka kerja untuk membuat, melakukan deployment, dan memelihara aplikasi. Dengan layanan ini, Anda dapat mendelegasikan administrasi infrastruktur, platform, dan tumpukan aplikasi.

Software as a Service (SaaS)

Memberikan perusahaan akses online ke software aplikasi. Dengan layanan Saas, suatu bisnis dapat menyewakan pengelolaan software aplikasi mereka kepada pemasok yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pembaruan.

Database as a Service (DBaaS)

Menyediakan akses online ke platform database. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk menyewa pengelolaan dan pemeliharaan database ke penyedia, untuk memastikan kinerja, ketersediaan, dan keamanannya.

Disaster Recovery as a Service (DRaaS)

Anda dapat menggunakan layanan ini untuk menyewa pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur pemulihan bencana. Dengan begitu, data Anda dapat terjamin aman ketika terjadi bencana.

Fungsi Layanan Manajemen Cloud Bagi Bisnis

Beberapa alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan pengelolaan infrastruktur cloud dijelaskan di bawah ini:

Mempercepat Pengembangan

Bisnis yang berkembang cepat membutuhkan infrastruktur yang dapat mengimbanginya. Adanya layanan pengelolaan cloud dapat memenuhi kebutuhan bisnis yang terus meningkat tanpa kendala berarti.

Mengatasi Kurangnya Sumber Daya

Perusahaan terkadang memiliki keterbatasan sumber daya untuk memelihara server. Sehingga, cloud management service adalah solusi yang dapat menjamin infrastruktur Anda tetap diperbarui dan menggunakan teknologi terkini.

Menghemat Biaya

Pemeliharaan infrastruktur cloud yang dilakukan satu perusahaan saja dapat terbilang cukup mahal. Namun dengan mengalihkan biaya ke penyedia layanan cloud terkelola, Anda dapat mengurangi modal serta biaya operasional.

Memanfaatkan Performa Pakar

Seiring berkembangnya lingkungan cloud, Anda juga harus mengembangkan keahlian pengelolaan yang mumpuni. Penyedia layanan manajemen cloud dapat memastikan Anda memiliki pemikiran terbaik untuk menjaga bisnis Anda tetap berjalan lancar.

Kelola Infrastruktur Cloud Anda Bersama Sangfor

Sangfor Managed Cloud Services adalah solusi yang menyediakan data center terdistribusi secara global. Dengan kenyamanan dan fleksibilitas dari layanan public cloud, serta keamanan, kontrol, dan layanan profesional dari private cloud.

Sebagai mitra resmi Sangfor di Indonesia, AMT IT Solutions dapat membantu Anda menyediakan solusi tersebut. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut.