Cegah Cyber Attack Pada Industri Migas Bersama Sangfor

Cara mencegah cyber attack sektor migas

Serangan siber marak mengincar berbagai sektor industri. Selain sektor keuangan, beberapa industri lain juga menjadi sasaran hacker untuk meraup keuntungan pribadi. Salah satunya pada industri sektor minyak dan gas atau migas.

Inovasi teknologi yang digunakan untuk mempermudah operasional migas dapat menjadi boomerang bagi keamanan siber mereka. Mengingat serangan siber saat ini juga telah meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang ada.

Untuk itu, Sangfor memaparkan beberapa cara mencegah cyber attack pada sektor migas dan meningkatkan cyber security di lingkungan tersebut.

Cara Mencegah Cyber Attack Pada Sektor Migas

Ada beberapa jenis cyber attack yang saat ini mengincar berbagai sektor industri. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan pencegahan maksimal seperti berikut ini:

Mengontrol Tamper-Resistant Pada Perangkat Lapangan

Cara mencegah cyber attack

Penggunaan perangkat lapangan dengan kontrol keamanan perangkat keras yang aman, akan membantu mencegah gangguan fisik apapun. Selain itu, solusi pengawasan dan sistem keamanan pipa juga akan membantu meningkatkan keamanannya.

Memodifikasi dan Memperbarui Keamanan Siber

Cara mencegah cyber attack pada sektor migas selanjutnya adalah dengan melakukan pembaruan Operating System, instalasi software ICS, dan pemeriksaan rutin. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan antivirus dan software keamanan lainnya berfungsi dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu memantau remote access point dan port Remote Desktop Protocol yang tidak digunakan.

Melakukan Enkripsi

Perlu adanya end-to-end encryption dan keamanan yang tersemat pada setiap perangkat. Selain itu, dalam beberapa kasus juga diperlukan adanya sertifikat SSL untuk menghindari perangkat palsu. Hal ini juga akan melindungi dari side channel attack yang dapat membahayakan kunci enkripsi.

Menerapkan Prosedur Otentikasi dan Akses Kontrol

Perusahaan haruslah menerapkan prosedur autentikasi dan otorisasi yang ketat untuk karyawan dan semua perangkat lunak. Anda dapat mengembangkan langkah-langkah kontrol akses untuk mencegah akses yang tidak sah ke sistem cyber.

Melakukan Pengujian Penetrasi dan Audit Internal

Semua fasilitas di lingkungan industri Migas haruslah menerapkan penilaian kerentanan yang ketat, serta audit pengujian penetrasi secara teratur untuk memastikan analisis sistem operasional yang berkelanjutan.

Menyediakan Pelatihan Kesadaran Karyawan

Semua karyawan yang bekerja pada sistem kritis harus memiliki pelatihan atau sertifikasi yang tepat untuk mendukung tingkat ancaman yang lebih tinggi dari posisi mereka. Mereka juga perlu membangun kesadaran untuk mencegah serangan cyber seperti phising, serta menerapkan cyber hygiene yang tepat untuk memastikan keamanan yang efektif.

Melakukan Backup Data

Lakukan pencadangan data penting dan buatlah salinan cadangan yang dilindungi kata sandi secara offline. Anda juga dapat memastikan jika salinan data penting tidak dapat diakses untuk modifikasi atau penghapusan dari sistem tempat data berada.

Membuat Rencana Pemulihan

Setelah mengupayakan cara mencegah cyber attack pada migas, Anda dapat membuat rencana pemulihan dengan menyimpan salinan data dari server sensitif dan eksklusif di lokasi yang aman, tersegmentasi, dan terpisah secara fisik. Lokasi tersebut termasuk hard drive, perangkat penyimpanan, dan cloud.

Memastikan Keamanan Kata Sandi

Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat. Jika memungkinkan, Anda juga dapat memanfaatkan Multi-Factor Authentication (MFA). Jangan lupa untuk memperbarui kata sandi secara teratur untuk sistem dan akun jaringan, serta hindari penggunaan kembali kata sandi yang sama untuk banyak akun.

Keamanan Email

Pertimbangkan untuk menambahkan spanduk email ke pesan yang berasal dari luar organisasi Anda dan nonaktifkan hyperlink di email yang diterima.

Solusi Sangfor Untuk Mencegah Serangan Siber Sektor Migas

Selain cara mencegah cyber attack pada sektor migas yang sudah disebutkan di atas, Sangfor juga menawarkan berbagai solusi inovatif untuk menciptakan keamanan tertinggi dan melindungi Anda dari serangan yang ada. Beberapa solusi komprehensif tersebut diantaranya Sangfor Advanced Threat Detection, Next-Generation Firewall, Endpoint Secure, dan Incident Response.

AMT IT Solutions sebagai Official Partner Sangfor di Indonesia dapat membantu Anda melindungi bisnis dari serangan siber. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.