Kepala Eksekutif Audit: Peran dan Tantangan yang Perlu Diketahui

peran kepala eksekutif audit

Chief Audit Executive (CAE) atau kepala eksekutif audit adalah salah satu profesi yang bertanggung jawab dalam proses internal audit perusahaan. Tugasnya untuk memastikan agar proses audit suatu perusahaan berjalan sesuai rencana.

Saat ini, kebanyakan kepala eksekutif audit dituntut untuk menjadi auditor modern yang mengerjakan banyak tugas sekaligus. Lalu, apa saja peran kepala eksekutif audit serta tantangan yang perlu dihadapi? Simak berikut ini.

Peran Kepala Eksekutif Audit

peran kepala eksekutif audit

Kepala eksekutif audit memiliki peran sebagai auditor yang menjalankan tugas audit di suatu perusahaan. Setidaknya, terdapat dua model kerja auditor di perusahaan, yaitu auditor tradisional dan modern.

Auditor tradisional hanya memiliki satu fokus pekerjaan, yaitu mengeksekusi rencana audit. Sedangkan auditor modern tidak hanya mengeksekusi rencana audit, namun juga meningkatkan peran di berbagai lingkup kerja. Mulai dari mengikutsertakan diri di area manajemen risiko, hingga menjadi rekan strategi bisnis di kalangan eksekutif.

Tantangan Kepala Eksekutif Audit

Ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi kepala eksekutif audit, diantaranya seperti:

Tekanan peraturan yang ketat

Adanya riwayat resesi global membuat tim eksekutif perusahaan termasuk kepala eksekutif audit dituntut untuk menunjukkan kemampuan manajemen risiko yang lebih kuat.

Selain itu, dewan perusahaan juga kini perlu mengidentifikasi bagaimana mereka ingin mengawasi bukan hanya risiko operasional, namun juga risiko kredit, likuiditas, dan material tingkat tinggi lainnya.  Sehingga meningkatkan tekanan peraturan yang lebih ketat bagi kepala eksekutif audit.

Fokus Antara risiko tradisional dan risiko strategis

Saat ini, fokus manajemen risiko secara keseluruhan dalam bisnis global telah beralih ke risiko strategis. Hal ini dikarenakan pendekatan risiko tradisional hanya mengelola risiko yang sama secara berulang. Sedangkan perusahaan saat ini perlu memahami bidang risiko bisnis strategis secara keseluruhan.

Untuk itu, kepala eksekutif audit dituntut untuk memastikan perusahaan mampu mengelola risiko tradisional dengan cara yang lebih efisien, tanpa mengurangi efektivitas. Dan tentunya dengan bantuan teknologi khusus seperti Diligent Audit Management.

Kesadaran audit dan Pemahaman teknologi

Para eksekutif termasuk kepala eksekutif audit juga perlu membiasakan diri dengan teknologi cerdas terbaru serta pelaporan manajemen kinerja secara real-time. Para pemimpin tersebut dituntut untuk menggunakan semua alat yang ada untuk menemukan risiko dengan lebih cepat.

Selain itu, mereka juga perlu mencari mitra bisnis yang kuat, dengan pemikiran strategis untuk membantu menunjukkan nilai maupun memberikan kepercayaan kepada pemimpin perusahaan.

Maksimalkan Kinerja Eksekutif Audit Bersama Diligent

Peran kepala eksekutif audit pada umumnya mengelola ancaman, menilai risiko, mengukur pengendalian, hingga memantau kepatuhan. Melalui Diligent HighBond, Anda dapat mengotomatiskan tugas-tugas manual, memadukan data, dan membagikannya dengan lebih mudah.

AMT IT Solutions sebagai Diligent Official Partner dapat membantu Anda menyediakan solusi manajemen audit terbaik dari Diligent. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.