5 Tips Menerapkan Teknologi AI yang Aman Bagi Perusahaan

Tips Menerapkan Teknologi AI

Pengadopsian AI dapat membuka peluang baru dalam memodernisasikan bisnis. Namun demikian, pesatnya perkembangan AI membuat penerapannya memerlukan infrastruktur IT yang kompleks. Untuk itu, simak beberapa tips menerapkan teknologi AI yang mudah dan aman bagi perusahaan Anda.

1. Memahami Risiko AI

Aplikasi berbasis AI memiliki berbagai risiko atau bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh manusia maupun bot. Sehingga Anda perlu memahami risiko tersebut sebelum menerapkan teknologi AI yang diinginkan. Beberapa risiko tersebut termasuk:

Tips Menerapkan Teknologi AI

Akses yang Tidak Sah

Adanya antarmuka aplikasi API yang tidak diperiksa atau shadow API dapat menjadi kesempatan bagi pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Seperti timbulnya akses yang tidak sah hingga penyalahgunaan model dan data penting.

Eksploitasi Model API

Hacker dapat mereplikasi model AI yang memungkinkan mereka membuat salinan aplikasi AI untuk tindakan kejahatan. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan inversi model untuk merekonstruksi properti model AI yang berpotensi mengungkap informasi sensitif.

Pembatasan Tarif dan Pembengkakan Biaya

Beberapa model AI dapat digunakan secara berlebihan tanpa batas kecepatan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan layanan, serangan brute force, atau serangan lainnya. Selain itu, penyalahgunaan ini dapat menimbulkan kerugian yang signifikan.

Model Penerapan Baru

Arsitektur yang terdistribusi diperlukan untuk mendukung keberhasilan beban kerja AI. Namun hal tersebut masih cukup asing bagi beberapa perusahaan, sehingga mempertahankan konsistensi dan keamanan di berbagai lingkungan dapat menjadi tantangan tersendiri.

2. Meminimalkan Kompleksitas

Untuk mewujudkan solusi AI yang aman, Anda perlu menciptakan lingkungan terdistribusi yang tentunya akan menambah kompleksitas. Salah satu tips menerapkan teknologi AI yang aman adalah dengan menggunakan container.

Misalnya seperti layanan F5 Container Ingress yang mampu memberikan lebih sedikit sumber daya dan menawarkan penerapan yang lebih cepat di berbagai lingkungan.

3. Mengintegrasikan Keamanan

Menambahkan keamanan API ke model AI tentunya akan membuat aplikasi AI menjadi lebih aman dan tersedia dengan baik. Hal ini juga akan memberikan perlindungan tambahan yang mampu mencegah serangan yang dapat memperlambat kerja aplikasi.

Ada baiknya Anda menggunakan lapisan perlindungan tambahan yang dirancang khusus untuk aplikasi web. Seperti dengan menggunakan solusi F5 Advanced Web Application Firewall.

Lindungan Aplikasi AI Bersama Solusi Keamanan F5

Aplikasi berbasis AI memberikan banyak kemudahan, namun juga memiliki beberapa kerentanan keamanan. Salah satu tips menerapkan teknologi AI yang aman adalah dengan menggunakan solusi AI yang memenuhi tujuan bisnis Anda.

F5 dapat membantu Anda menyediakan solusi keamanan bagi aplikasi bisnis berbasis AI. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut terkait kebutuhan F5, hubungi AMT IT Solutions sebagai F5 Official Partner melalui marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.