Pengendalian Internal Otomatis: Ini Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Pengendalian Internal Otomatis

Pengendalian internal merupakan suatu kebutuhan bagi perusahaan untuk melindungi bisnis dari praktik yang salah atau tidak sah. Kebutuhan tersebut menuntut hasil yang berkualitas, cepat, dan akurat.

Sehingga terbentuklah dorongan untuk melakukan transformasi dalam pengendalian internal. Seperti terciptanya pengendalian internal secara otomatis dengan berbagai manfaat yang ditawarkan.

Mengenal Pengendalian Internal Otomatis

Pengendalian internal Otomatis

Pengendalian internal otomatis adalah operasi pengendalian yang dilakukan secara otomatis, baik melalui sistem informasi atau perangkat lunak. Berbeda dengan pengendalian tradisional yang masih bergantung pada campur tangan manusia.

Dengan mengotomatiskan pengendalian internal, Anda dapat menyelesaikan permasalahan yang ditimbulkan oleh proses pengendalian secara tradisional.

Fungsi Pengendalian Internal Otomatis

Berikut ini beberapa fungsi pengendalian internal yang dijalankan secara otomatis.

Membantu Mengidentifikasi Risiko Penipuan

Pengendalian internal yang dilakukan secara otomatis akan memberikan visibilitas ke seluruh operasional. Termasuk menganalisis kumpulan data besar secara instan untuk mengidentifikasi area operasional dengan tingkat risiko penipuan yang tinggi. Sehingga Anda perlu memfokuskan proses pengendalian dan taktik manajemen risiko sebagai prioritas tinggi.

Menemukan Risiko Finansial Antara Sistem dan Aplikasi

Manajemen risiko keuangan seringkali berfokus pada sistem atau aplikasi yang terpisah. Sehingga risiko penipuan dan keamanan dapat meningkat ketika data berpindah antar sistem. Adanya kontrol internal otomatis dapat memfokuskan antarmuka yang terkadang diabaikan.

Meningkatkan Analisis Data

Kontrol internal yang otomatis memungkinkan tampilan data agregat yang komprehensif. Nantinya data penting dari aplikasi bisnis Anda akan dikumpulkan menjadi satu sumber referensi bagi seluruh tim. Sehingga memunginkan Anda mendasarkan manajemen pengendalian internal pada informasi yang komprehensif dan dapat diandalkan.

Manfaat Pengendalian Internal Otomatis

Beberapa manfaat pengendalian internal otomatis bagi bisnis yaitu:

  1. Pemantauan real-time dengan dasbor yang mudah digunakan dan ditindaklanjuti;
  2. Alur tugas yang jelas, dengan akuntabilitas dan tenggat waktu yang jelas;
  3. Risiko keamanan di dalam dan antar aplikasi yang diminimalkan;
  4. Meningkatkan visibilitas serta dengan mudah mengidentifikasi hambatan dan menerapkan perubahan;
  5. Lebih mudah dalam memprioritaskan dan mengambil tindakan terhadap risiko-risiko utama;
  6. Memiliki bukti kontrol yang lebih baik;
  7. Proses pengendalian internal yang terus berlanjut tanpa gangguan;
  8. Audit berjalan lebih lancar, meningkatkan efisiensi dan efektivitas biaya, karena semua data pendukung tersedia;
  9. Informasi dan komunikasi yang ditingkatkan.

Terapkan Pengendalian Internal Otomatis Bersama Diligent

Pengendalian internal otomatis adalah upaya yang baik untuk meningkatkan  fungsi audit internal. Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai pengendalian otomatis bersama Diligent Internal Control Management.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Diligent dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk konsultasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.